domingo, 4 de mayo de 2008

Booklet penuh perjuangan

Kepercayaan itu datang....
Sebagai seorang konsultan pemula, kesempatan ini dapat dijadikan media pembelajaran untuk mencapai tingkatan pemahaman yang lebih tinggi .
Di mulai dari kepercayaan seorang client saya berkewarganegaran Prancis dan bekerja sebagai program manager organisasi nirlaba asal Jerman. Saya dipercaya atau lebih tepatnya ditantang untuk membuat buku penyuluhan yang contentnya merupaka pedoman bagi para praktisi usaha kecil, mikro, dan menegah atau pemula dalam membangun usaha.

Wow....It's a big challenge....
Bagi saya menulis buku pedoman untuk penyuluhan memiliki tingkat kesulitan tersendiri karena buku ini nantinya akan digunakan sebagai praktek jadi tidak hanta teori belaka, dan yang paling utama buku ini akan dibaca dan dipelajari oleh masyarakat pedesaan yang memiliki latar belakang pendidikan terbatas dan pastinya terdapat beberapa diantara mereka yang tidak bisa berbahasa Indonesia.

Jadilah draft booklet menjadi dua versi, yaitu versi bahasa Indonesia dan Versi bahasa Jawa. Sebagai Jawa Murtad :P (istilah sahabat saya Titis untuk keturunan jawa yang kurang memahami budaya jawa dan bahasa jawa), saya sempat kelimpungan juga untuk mencari dan mengartikan ke dalam bahasa jawa halus. Maklum di Jawa khususnya Jawa Tengah terdapat tingkatan bahasa yang cukup njlimet. Salah mengartikan atau mengucapkan bisa jadi masalah nantinya.

Dengan bantuan bulik-bulik dan teman saya Ais akhirnya jadilah booklet tersebut, walau desain booklet belum 100% selesai. Tapi setidaknya contentnya cukup memuaskan client.

Alhamdulillah....

No hay comentarios: