martes, 6 de mayo de 2008

Nawung Part One

k



Setelah melalui perjalanan kurang lebih 45 menit dari Jogja tiba saya, ais dan tim dari ASB ke dusun Nawung sebuah dusun di daerah perbukitan dan termasuk daerah perbatasan Klaten dan Wonosari.

Saya cukup terkejut mengetahui latar belakang dari peserta community training kali ini. Rata-rata peserta hanya mengenyam pendidikan sampai tingkat Sekolah Dasar. Menurut mereka sudah hebat sekali jika ada yang sampai lulus SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun jangan salah....dalam pelatiahn para Bapak/Ibu tsb memiliki semangat yang tinggi sekali.

Kendala yang mereka hadapi saat ini lebih kepada cara memasarakan produk, rata-rata para penjahit tersebut ridak memiliki kepercayaan diri untuk menawarkan produk kerjinan jahit mereka kepasar luar daerah. Bahkan untuk berbicara dengan pembeli saja harus ada kejadian dorong-dorongan terutama di kalangan para Ibu.

Ada apa dengan mentalitas pengusaha kecil di Indonesia?
Ada apa dengan kalangan ibu-ibu tsb?

Peer untuk saya untuk membangkitkan kepercayan diri dan motivasi mereka, agar siap menghadapi persaingan usaha yang akan dihadapi....yang pasti dengan bekal pemasaran dan pengelolaan usaha yang baik juga.

No hay comentarios: